Andi Kasmin, S.Sos

  • Anggota KPU Kabupaten Donggala
  • Divisi Teknis

BIOGRAFI :

Bismillaahirrahmaanirrahiim dan mengharap ridlo Allah SWT adalah untaian ucapan sekaligus do’a yang terucap manakala anggota KPU Kabupaten Donggala yang satu ini, diangkat dan dilantik untuk menjadi anggota KPU Kabupaten Donggala periode 2019 – 2024 oleh KPU Republik Indonesia pada hari Senin Tanggal 21 Januari 2019 di Jakarta.
Lelaki kelahiran 12 Februari 1987 di Sioyong Kec. Dampelas ini anak dari pasangan Andi Mustapa dan Masdia ini, telah lama berkecimpung di kepemiluan. Pengalaman sebagai bagian dari penyelenggara pemilu diperolehnya semenjak tahun 2010. Pada tahun 2010, Beliau menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Dampelas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Tahun 2011, kemudian menjadi Ketua PPK Dampelas pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Donggala Tahun 2013, Ketua PPK Dampelas pada Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2014, Ketua PPK Dampelas pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014, Ketua PPK Dampelas pada Pemilihan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah pada Tahun 2015, Ketua PKK Dampelas pada Pemilihan Bupati dan Wakil Buapti Kabupaten Donggala Tahun 2018, dan PAW Anggota Panwaslu Kecamatan Dampelas 2018 (Agustus-Desember). Dengan demikian, hampir 8 (delapan) tahun dirinya telah mendedikasikan diri di penyelengaraan pemilu. Berbekal pengalaman ini, menjadi modal baginya untuk menunaikan tanggungjawabnya sebagai anggota KPU Kabupaten Donggala Periode 2019–2024 pada Divisi Teknis Penyelenggaraan. Dengan mengucap bismillaahirrahmaanirrahiim Andi Kasmin berharap dapat melaksanakan tugas dan tanggunjawab sebagai Anggota KPU Kabupaten Donggala secara baik dan bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Putra Bungsu dari Empat bersaudara ini menempuh jenjang pendidikan formalnya di SD Impres Parisan, MTs. N Karya Mukti, MA. Al-Ikhlas Karya Mukti, kemudian melanjutkan di Perguruan Tinggi pada Universitas Muhammadiyah Palu, FISIP. Selain di lembaga formal, pada tahun 2015-2017 Berkecimpung di kepengurusan Dewan Kerja Cabang Donggala, Andi Kasmin juga sangat aktif di organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di lingkungannya, Sekarang, lelaki yang akrab dipanggil dengan Andi ini beralamat di Desa Parisan Agung Kec. Dampelas bersama dengan Ibu tercintanya (Masdia) dan Istri tercintanya (Nurhasanah, S.Kep. NS).