Calon Anggota PPK Pemilu 2019 Jalani Ujian Tertulis

0 944

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, Minggu 4 Februari 2018 melaksanakan ujian tertulis bagi calon anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Pemilu 2019 wilayah Kabupaten Donggala. Peserta ujian tertulis calon anggota PPK tersebut diikuti 125 calon yang terbagi dari 16 kecamatan. Tempat pelaksanaan kegiatan berlangsung di gedung SDN 23 Banawa dan aula KPU Donggala.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Donggala, Mohammad Saleh, S.Sos, M.Si calon anggota PPK untuk Pemilu 2019 yang mengikuti ujian ini merupakan hasil dari  yang lolos berkas sesuai pensyaratan. “Selanjutnya yang nantinya dinyatakan lolos ujian tertulis tersebut akan memasuki tes wawancara yang dilakukan pokja dari KPU untuk diketahui secara mendalam tentang pemahaman mereka tentang kepemiluan dan undang-undang penyelenggaraan soal Pemilu,” jelas Saleh.

Kata Mohammad Saleh di antara yang mengikuti ujian tertulis itu sebagian sudah menjadi anggota PPK untuk Pemilihan Kepala Daerah 2018. Ada pula anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara). Hal itu memungkinkan karena sesuai peraturan KPU membolehkan anggota PPK pemilihan kepala daerah mencalonkan untuk menjadi calon anggota PPK Pemilu. Khusus masa kerja PPK Pemilu dimulai pada bulan Maret 2018 sampai Mei 2019. Sedangkan PPK pemilihan kepala daerah masa kerjanya dari November 2017 hingga Juli 2018.

Materi ujian peserta PPK Pemilu baik tertulis maupun wawancara berkisar pemahaman penguasaan tentang aturan kepemiluan dan integritas seorang calon akan digali melalui wawancara. Karena itu menurut Mohammad Saleh, akan diseleksi secara ketat dengan menguji kemampuan untuk mendapatkan seorang anggota PPK yang siap bekerja penuh selama berlangsungnya tahapan.*

 

Seleksi Tertulis PPK Kabupaten Donggala

 

Seleksi Tertulis PPK Kabupaten Donggala

 

Seleksi Tertulis PPK Kabupaten Donggala

 

Seleksi Tertulis PPK Kabupaten Donggala

Kolom Komentar

Alamat email anda tidak akan disebarluaskan.

%d blogger menyukai ini: