KPU Sulteng Menggelar Workshop Jurnalisme Pemilu

0 59

Palu (6/11/2019) KPU Kabupaten Donggala mengikuti Workshop Jurnalisme Pemilu yang diadakan oleh KPU Provinsi Sulawesi Tengah di Cafe Celebes Palu, dengan tema Mewujudkan Kapasitas Multimedia Bagi Peliput Berita Pemilu. Peserta workshop terdiri dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM serta operator website dari beberapa KPU Kabupaten/Kota yaitu Donggala, Sigi, Parigi Moutong dan Palu. Narasumber dalam acara tersebut Sahran Raden selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Sulawesi Tengah, dan hadir pula sebagai pembicara Wakil Pimpinan Redaksi Metro Sulawesi Syamsu Rizal. Tujuan workshop ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menulis dan meliput berita Pemilu untuk dijadikan berita-berita kegiatan pada website KPU Kabupaten/Kota.

 

 

 

 

 

“Website KPU hadir untuk memenuhi tuntutan jaman dimana mayoritas kehidupan masyarakat bergantung pada internet.” jelas Sahran. “Untuk itu KPU Kabupaten/Kota harus proaktif dalam memanfaatkan media tersebut untuk sosialisasi”. tambahnya. Di samping itu operator website dituntut untuk memposting berita-berita kepemiluan baik yang disusun oleh Komisioner maupun pihak lain. Adapun Samsurizal selaku praktisi jurnalis memberikan panduan teknis dalam peliputan berita sesuai dengan kaidah jurnalistik.

 

 

 

 

 

Website KPU sebagai salah satu media kehumasan memegang peranan penting dalam penyebaran informasi kepemiluan. Perlunya penyusunan berita/artikel kepemiluan yang dapat menarik minat pembaca menjadi poin penting kegiatan ini. Ketergantungan masyarakat terhadap internet sebagai sumber informasi kiranya dapat dimanfaatkan. Sehingga diharapkan optimalnya website KPU dapat membantu meningkatkan partisipasi pemilih di masyarakat, tutup Sahran.

 

 

 

 

 

 

Peserta workshop juga diberikan studi kasus untuk melatih peserta dalam mengolah berita-berita website. Diakhiri dengan pemberian Sertifikat kepada peserta workshop dan foto bersama

Kolom Komentar

Alamat email anda tidak akan disebarluaskan.

%d blogger menyukai ini: